CARA INSTAL ULANG WINDOWS

Apa Itu Windows?
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.



Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Pertama, yang namanya laptop itu harus diinstal sistem operasi ya sobat. Sebab sistem operasi yang akan membuat laptop itu bisa dioperasikan. Jika tidak diinstal sistem operasi, maka sudah jelas laptop tidak bisa digunakan. Mungkin laptop bisa dihidupkan. Tapi apa gunanya jika komputer dan laptop hanya menampilkan teks warna hitam pada layar.



Dari sini paling tidak kita sudah mengetahui bahwa menginstal laptop baru itu adalah wajib. Sekarang, jika komputer dan laptop sudah diinstal sebelumnya, kok biasanya diinstal kembali atau diinstal ulang? Manfaatnya apa sih? Nah, berikut penjelasan dari pengalaman saya.



Manfaat instal ulang laptop dan komputer



1. Memperbarui sistem operasi



Anda perlu tahu, laptop yang sudah lama tidak diinstal, terkadang akan mengalami kerusakan pada sistem operasinya. Mungkin akibat virus, mungkin akibat crash, atau akibat hilangnya file-file sistem operasi tersebut. 
Nah, jika demikian, maka sistem operasi akan bermasalah. Bisa jadi lambat, bisa jadi sering eror dll. Dengan diinstal ulang, maka sistem yang sudah bermasalah diperbarui menjadi sistem yang benar-benar bagus. Masalah jadi hilang, dan file sistem yang hilang pun akan ada lagi.



2. Menghilangkan Virus di Laptop dan komputer

Setiap laptop atau pun komputer, pasti pernah dijadikan sarang oleh virus komputer. Nah, ketika sistem operasinya sudah diacak-acak virus, ya bukan mustahil juga laptop akan menjadi susah digunakan. Hampir sama seperti poin satu, laptop bisa lambat, sering eror, buka aplikasi ini itu tidak bisa, dll..

Oleh karena itu, dengan menginstal laptop kita, maka virus yang ada di Drive C (drive sistem) akan menjadi bersih. Tapi, Anda juga harus membersihkan virus di partisi lainnya ya sobatku. Seperti partisi D dan E jika ada. Untuk tambahan, silahkan baca cara scan virus di laptop dengan smadav.

3. Untuk memasang Sistem Operasi Yang sesuai

Setiap laptop itu berbeda-beda dalam hal kecocokan dengan sistem operasi. Bisa jadi laptop dulu cocok windows xp, tapi tidak cocok windows 10. Atau sebaliknya, sebuah laptop yang cocok windows 10 tapi tidak cocok jika diisi windows xp.

Nah, di sini instal ulang pada laptop terkadang diperlukan karena untuk memberikan sistem operasi yang sesuai pada laptop itu sendiri. Jika misalnya: sebelumnya kita telah memaksakan sebuah laptop menggunakan sistem yang sebenarnya tidak support dengan laptop tersebut, maka kita bisa menginstal ulang laptop tersebut dengan sistem operasi yang sesuai supaya laptop bisa dioperasikan dengan baik.

4. Mempercepat Kinerja Laptop Dan Komputer

Sebelumnya saya berkali-kali bilang kalau sistem komputer yang bermasalah dapat membuat laptop menjadi lambat. Mungkin saat digunakan, atau saat dihidupkan, atau saat dimatikan laptop benar-benar lambat.

Nah, jika lambatnya laptop tersebut memang karena sistemnya yang bermasalah, dalam artian bukan karena perangkat kerasnya yang rusak, maka dengan menginstal ulang sistemnya dapat membuat laptop tersebut menjadi lebih ringan dan cepat.

Sobatku, namun Anda perlu tahu bahwa kita juga tidak perlu terlalu sering menginstal laptop kita. Sebab jika hard disk laptop sudah mulai bermasalah, justru akan membuat hard disk tersebut menjadi rusak. Masalah harus berapa lama baru boleh instal laptop kembali, itu juga tergantung keadaan sistem operasi di laptop kita sendiri. Jika tidak ada masalah, ya sudah tidak perlu diinstal ulang meskipun bertahun-tahun lamanya.


Tutorial Instal Ulang Windows
Berikut tutorial dalam pengintalan windows yang baik dan benar. baik windows7, 8, 9,10. Kita akan jelaskan secara rinci supaya tidak satu pun yang terlewatkan.

  1. Untuk menginstal ulang windows, tentunya teman-teman harus punya dulu DVD windows nya dulu. Dapat teman-teman download di web gigapurbalingga ini. ^_^
  2. Setelah DVD windows 7 sudah ada, kemudian teman-teman masukkan dahulu DVD windows-nya ke dalam DVD room.
  3. Restart PC atau laptop teman-teman.
  4. Pada saat awal menyala, dengan cepat teman-teman tekan tombol F2 / F10 / DEL / F1 (Setiap merk Pc atau Laptop Berbeda tombol yang ditekan untuk dapat masuk ke system BIOS, Jadi saya sarankan teman-teman googling sendiri agar teman-teman tahu tombol yang cocok untuk PC atau laptop teman-teman agar dapat masuk ke system BIOS).
  5. Setelah masuk ke BIOS, kira-kira nanti akan muncul tampilan seperti ini, memang tampilan BIOS untuk PC atau Laptop tidak semuanya sama, tetapi pada intinya itu sama.

  6. Setelah muncul tampilan seperti di atas, anda pilih menu Boot >> pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CDROOM atau DVDROOM.
  7. Tekan F10 dan pilih yes, otomatis PC akan restart sendiri.
  8. Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah “Press any key to boot from CD or DVD bla bla bla”. Ketika muncul tulisan seperti itu, segera anda tekan sembarang tombol di keyboard.
  9. Setelah itu akan tampil layar hitam dengan tulisan ‘windows is loading files’ . Tunggu sampai prosesnya selesai.
  10.  
     
     
  11. Setelah selesai kemudian anda akan masuk ke form pengisian tentang bahasa, waktu, dan keyboard (biarkan saja seperti itu dan klik Next)
  12. Klik Instal Now
  13.  
  14. Jika anda menggunakan windows AIO yang terdiri dari banyak file windows, maka akan tampil menu seperti ini. Silahkan pilih satu versi yang ingin diinstal di komputer atau laptop anda kemudian klik Next
  15. Setelah klik Instal Now maka akan tampil menu pilihan persetujuan, centang menu I accept the license terms, dan pilih Tombol Next.
  16. Lalu anda akan masuk form yang bertuliskan ‘Which type of instalation do you want?’. Pilih Custom Advanced.
  17. Masuk ke Form ‘Where Do You Want to Instal Windows’ . Nah disini anda harus berhati-hati, akan muncul beberapa partisi sesuai dengan jumlah partisi pada komputer / laptop anda,(untuk laptop baru biasanya baru ada 1 partisi saja). Kira-kira tampilannya seperti di bawah. Klik Partition System (C:).kemudian pilih format untuk memformat semua data yang berada di C. (pada langkah ini saya sarankan untuk ditemani orang yang sudah ahli)
  18. Setelah proses format selesai kemudian klik next dan akan dimulai proses pengcopyan file dari dvd ke komputer kita. Pada tahap ini memakan waktu agak lama, jadi anda bisa siapkan dulu secangkir kopi agar lebih tenang sedikit,., ^_^
  19. Setelah beberapa lama nanti komputer anda akan restart sendiri, kemudian masuk ke form seperti di atas lagi untuk melanjutkan prosesnya lagi, dan kemudian akan restart lagi. Setelah restart yang kedua ini komputer anda akan memasuki proses booting yang pertama.
  20. Isikan nama anda untuk menjadi nama pada komputer atau laptop anda (bebas mau diisi dengan nama apa)
  21. Kemudian masuk ke form pengisian password (Saya sendiri tidak pernah mengisikan kolom ini) boleh diisi boleh tidak, kemudian klik next
  22. Kemudian masuk ke form pengisian serial number. Kosongkan saja, jangan lupa uncheck pada pilihan ‘automatically active windows . . . .’ . Setelah itu klik next
  23. Selanjutnya masuk ke form setup windows. Silahkan pilih sesuai keinginan anda. Kalau saya selalu pilih ‘ask me later’.

  24. Setelah itu anda akan sampai di form terakhir yaitu setting format waktu. Silahkan pilih sendiri sesuai dengan daerah anda dan klik Next
  25.  
  26. Selesai. Kini anda sudah mempunyai windows baru yang fresh. Karena windows yang baru diinstal ini belum ada aplikasi dan program yang diinstal silahkan anda download semua kebutuhan program dan aplikasi yang anda butuhkan di web ini. InsyaALLOH semua yang anda butuhkan ada di web ini.

Demikian tutorial dari saya tentang tutorial instal ulang windows. Saya sarankan untuk didampingi dengan orang lebih ahli jika anda baru pernah melakukannya pertama kali.


Jika anda belum mempunyai Driver Windowsnya silahkan anda download di web ini, saya sudah sering sekali update windows xp, windows 7, windows 8, dan windows 8. 

semoga Beermanfaat...

0 Response to "CARA INSTAL ULANG WINDOWS"